Saturday, December 27, 2014

Kembali Berolahraga

“Huh…..huh….Kecil kita..huh.. tak tau…huh…apa-apa, wajar bila terlalu cepat marah” gue ngos-ngosan tapi sambil nyayiin apa yang gue denger di headset.

Tepatnya mulai 1 minggu yang lalu, gue mulai berolahraga lagi sejak hampir 3 tahun vakum. Gue sengaja vakum dikarenakan ada suatu hal, iya. Gue males. 

Kenalan lagi biar enggak lupa ya, nama gue Befin. Sekarang gue berumur 19 tahun. 

Di mulai dari 3 tahun lalu, gue serius buat belajar music. Gue akhirnya nyentuh piano yang sebenernya udah ada di rumah sejak gue SD. Dimulai dari fasilitas yang di sediakan google, gue belajar dasar dan tehnik bemain piano dengan ngubek-ngubek google sampai googlenya ngerasa horny. Entah google atau gue yang ngerasa horny, yang jelas arti kata horny di tulisan gue kali ini bener-bener enggak penting. Serius, enggak penting banget.

Mungkin lo bertanya-tanya, apa hubungannya gue nyentuh piano dengan berolahraga?

Jadi gini, gue dari kelas 3 SD sampai kelas 3 SMP dulu, ikutan beraneka ragam kegiatan.
Kelas 3 SD, gue disuruh nyokap buat les music. Kebetulan waktu itu gue les gitar. Kelas 4 SD gue ikutan SSB (Sekolah Sepak Bola), Dan tentu saja gue berhenti les gitar. Soalnya waktu pelaksanaannya bareng.

Kelas 5 SD gue berhenti main bola, terus gue ikutan SBT (Sekolah Bulu Tangkis). Dan di kelas 6 SD, gue berhenti main bulu tangkis, gue ikutan sekolah sepak bola lagi. 

Entah apa yang terjadi di pikiran gue waktu itu, yang jelas kalau seumpama di dunia ini beneran ada mesin waktu, gue pasti bakalan balik ke masa gue SD, dan gue bakalan ceramahin Befin kecil yang enggak pernah focus dalam satu hal. (lebih tepatnya ikut-ikutan).

Nah, gue beranjak ke SMP. Di kelas 1 SMP, gue sama temen-temen ngebentuk sebuah band. Ya tentu aja dengan bekal gue les gitar di kelas 3 SD, gue masih bisa ngegenjreng gitar. Ya walaupun itu standart banget.
Naik ke kelas 2 SMP, gue akhirnya kenal dengan namanya olahraga basket. Iya, bener banget. Gue ikutan SBB (Sekolah Bola Basket), tapi kali ini gue enggak berhenti ngeband. Gue udah bisa ngebagi waktu dengan baik. 

Musik dan Basket berjalan dengan baik sampai gue kelas 3 SMP. Gue tetep manggung di pensi sekolah dan gue juga udah ikutan turnamen bola basket antar sekolah. Sampai akhirnya keduanya berhenti secara bersamaan. Iya, gue berhenti karena sesuatu hal yang biasa kalian sebut dengan UNAS (Ujian Nasional). Karena 6 bulan menuju UNAS, gue disuruh berhenti main basket dan ngeband sama nyokap .

Kelas 2 SMA, tepatnya 3 tahun lalu. Gue akhirnya mulai menyentuh piano, dan itu berlangsung sampai sekarang. Selama itu, gue udah milih cukup 1 kegitan. “Musik”.

Selama SMA, gue cuman olahraga waktu pelajaran olahraga aja di sekolah. Dan setelah lulus gue enggak pernah olahraga lagi. Gue mentingin band daripada kesehatan gue. Karena gue egois cuman mentingin bagian otak, gue jadinya enggak mikir tentang bagian tubuh gue yang lainnya.

Gue ngeband, kebetulan udah sering manggung. Dari di kota sendiri, sampai ke kota yang lain. Lo tau sendirikan, kehidupan anak band itu gimana? Dan genre dari band gue itu Underground. (Kalian bisa banyangin gimana pola hidup gue).

Tidur pagi, ngerokok, mengkonsumsi kopi. Bisa lo bayangin gimana kondisi tubuh gue.

Minuman keras dan berbagai hal yang lainnya, emang ada di sekitar gue. Tapi Alhamdulillah, gue masih bisa menghindari dan mengendalikan itu semua. Itu bisa gue kendalikan berkat pelajaran agama yang gue dapet dari keluarga gue. 

9 hari yang lalu…
Gue ngeliat serial drama korea punya adek gue yang cewek. Namanya Sarah. Adek gue yang satu ini fanatic banget sama segala hal yang berbau Korea. Dari K-Pop, film, serial drama, bahasa, budaya, bahkan sampai bau tai kucing yang berasal dari kucing korea di tau.(Yang tentang tai bercanda ya).

Serial drama ini menceritakan tentang kehidupan dan pekerjaan sebagai seorang dokter. Gue tertarik mengikuti serial drama ini. Selain pemeran ceweknya cakep-cakep, ceritanya juga bagus dan keren. Terus apalagi pemeran cowoknya ganteng-ganteng banget. (ini apaan ya?)

Bukan. Bukan masalah cewek atau cowoknya yang mau gue bahas, tapi cerita di serial drama ini.

Ternyata kehidupan dokter itu cukup berat, dokter di tuntut harus siap kapanpun menangani pasien. Di serial drama itu, dokter banyak banget menangani penyakit-penyakit yang ganas. Dari kanker otak, kanker payudara (yang cowok jangan ………..), kanker usus, bronchitis, ginjal, jantung, pokoknya banyak banget deh. 

Penyakit itu terjadi sebagian emang udah bawaan dari lahir, tapi juga ada yang terjadi karena kita sebagai manusia tidak menjaga kondisi tubuh dengan baik. Misalnya kita terlalu memforsir tenaga tanpa menyesuaikan pola hidup yang baik. 

Dan lo tau, penyakit itu enggak milih-milih siapa yang akan dijangkitinya. Miskin atau kaya sama aja.
Buat yang kaya, mereka bakalan ngehabisin uang mereka demi kesembuhan. Nah buat yang miskin? 

Coba bayangin aja gimana pengorbanan kedua golongan buat mendapatkan kesembuhan. Dan lagi, di serial drama itu, salah satu dokternya pun akhirnya terdiagnosa terkena penyakit kanker otak dan ada batu di ginjalnya. Karena dia membantu menjaga dan nyembuhin penyakit pasiennya, dia juga lupa menjaga kesehatannya sendiri.

Intinya, dalam menjaga kesehatan tubuh kita, kalau bukan di mulai dari kita sendiri, siapa lagi? 

Seumpama lo sakit (Naudzubillah). Emangnya lo tega ngebuat orang di sekitar lo harus susah payah membantu kesembuhan lo? Yang sebenernya itu adalah kesalahan lo sendiri, Ngerepotin orang banyak kan jadinya? 

7 hari yang lalu, setelah akhirnya mengabiskan serial drama korea itu, gue mulai membuka mata dan hati gue. Enggak tega aja kalau nantinya ngeliat keluarga gue bakalan ikutan susah karena kesalahan yang gue buat sendiri. Gue mulai mengatur pola tidur gue, mengurangi konsumsi rokok dan kopi, dan gue udah mulai berolahraga. Ya walaupun cuman dengan lari-lari sore dan angkat barbel sendiri dirumah, tapi baru beberapa hari ini aja, gue udah ngerasa ada tren posotif di tubuh gue.

Mumpung masih sehat, berarti Tuhan masih ngasih kita kesempatan buat sehat. Ya walaupun sakit itu mungkin adalah takdir yang udah di tentuin Tuhan, tapi semua itu pasti ada asal mulanya. Allah maha mengetahui, Allah maha adil, dan Allah maha segalanya.

No comments:

Post a Comment